http://www.tni-au.mil.id Saturday, November 22, 2014  
Home » Berita » Berita
Angkasa Yudha 2009; Menegakkan Integritas NKRI
Dispenau, 8/21/2009
Suasana latihan gladi posko Angkasa Yuda 2009 di Kampus Sekolah Staf dan Komando (Seskoau), Lembang, Jawa Barat, Kamis (20/8).

Untuk mempertahankan dan menjaga kedaulatan NKRI dari agresor yang ingin mengacaukan bahkan menduduki bagian dari NKRI, khususnya di wilayah Sumatra Bagian Utara. Komando Tugas Udara (Kogasud) bersama Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) melaksanakan rangkaian operasi udara di wilayah NAD dalam rangka menegakkan integritas kedaulatan NKRI.

Demikian skenario TNI Angkatan Udara dalam Latihan Posko Angkasa Yudha Tahun 2009 yang diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 18 s.d 21 Agustus 2009 di kampus Seskoau Lembang, Bandung.

Dalam latihan ini yang terlibat dalam Kogasud adalah Satuan Pelaksana Operasi (Satlakops) Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Pekan Baru dan Lanud Medan serta Satlakops Paskhas.

Sedangkan unsur Kohanudnas melibatkan Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) III Medan yang membawahi Satlakops Satuan Radar (Satrad) Sabang, Lhokseumawe dan Satuan Radar Sibolga.

Kogasud melibatkan kekuatan Skadron-skadron Udara dari Koopsau I dan Koopsau II, demikian pula Kohanudnas melibatkan unsur-unsur kekuatan udara yang dimilikinya, bertindak sebagai Direktur Latihan Marsekal Muda TNI Rodi Suprasodjo.



« Kembali ke halaman sebelumnya