http://www.tni-au.mil.id Sunday, November 23, 2014  
Home » Berita » Berita
TERORIS REBUT LANUD ABD SALEH
Pentak Lanud Abd, 7/8/2009

Lanud Abd Saleh digemparkan dengan suara baku tembak oleh sekelompok teroris yang ingin merebut Pangkalan Udara Lanud Abd Saleh. Namun dalam waktu kurang dari satu jam Prajurit Lanud Abd Saleh yang sebelumnya dikuasai teroris bisa direbut kembali.   Ini merupakan Latihan yang bersandi Garuda Perkasa 2009 didahului dengan pengintaian udara taktis dengan menggunakan pesawat jenis cassa C-212 Aviocar dari Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abd Saleh melakukan pemotretan dari udara dan mendapatkan informasi tentang kedudukan dan kekuatan musuh didaerah sasaran.

 

Setelah mendapatkan data tentang kondisi dan situasi musuh maka dilaksanakan operasi penerjunan Dalpur dengan pesawat Cassa C-212 Aviocar menerjunkan 13 personil Batalyon 464 Paskhas. Penerjunan ini mempunyai tugas menyiapkan lebih awal Droping Zone (DZ) beserta informasi data-data DZ tersebut secara akurat. Selain itu team Dalpur juga memberikan informasi tentang posisi senjata anti serangan udara, kondisi cuaca daerah sasaran, yang berupa keadaan keperawanan, kondisi angin dan jarak pandang secara horizontal yang sangat berguna pada saat penerjunan Satpur Linud.  Operasi penerjunan KDOL ini dilaksanakan beberapa hari sebelum penerjunan Satpur Linud.

 

Selanjutnya team Dalpur melaksanakan infiltrasi ke daerah musuh.  Dengan melakukan operasi pengendali udara depan (FAC) bertujuan membantu pesawat fighter yang akan dilaksanakan SUL (serangan udara langsung) dalam mencari atau menemukan sasaran dan membantu FAC yang menggunakan pesawat fighter jenis F-16 Fighting Falcon.

 

Setelah operasi FAC dapat terlaksana dengan sukses dilanjutkan dengan SUL oleh pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Wing 3 Lanud Iswahyudi Madiun. Pelaksanaan operasi SUL dilakukan beberapa run attack bertujuan menghancurkan kekuatan vital musuh.  Setelah kekuatan musuh dapat dilumpuhkan maka team Dalpur menginformasikan kepada pesawat yang membawa pasukan Satpur Linud untuk melakukan penerjunan pasukan yang jumlahnya 3x lipat dari jumlah kekuatan musuh dan operasi penerjunan Satpur menggunakan 2 pesawat C-130 Hercules dimana masing-masing pesawat membawa 32 personil Batalyon 464 Paskhas.

 

Selain penerjunan static dilaksanakan pula cara Air Landed, dengan pesawat C-130 Hercules membawa 80 personil dan mendarat dilandasan sasaran, kemudian pasukan keluar dari pesawat dan menyerbu menghancurkan musuh. Dilakukan pula operasi penerjunan Bekal Ulang (Bekul) dilakukan oleh pesawat C-130 Hercules dengan menggunakan teknik CDS (Container Delivery System). ini dimaksudkan untuk mempertinggi moril pasukan kawan dengan mengirimkan dukungan logistic berupa makanan, obat-obatan dan amunisi.

 

Kejadian tersebut diatas merupakan Skenario demo udara dari Latihan Garuda Perkasa 2009 yang dilaksanakan di Lanud Abd Saleh  selama 6 hari  mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 6 Juli 2009.

Selain operasi merebut pangkalan, dilaksanakan pula operasi udara Force Down. Dua pesawat F-16 turun ke landasan. Setelah turun ke landasan pasukan POM mengepung pesawat. Termasuk melakukan pemeriksaan didalam pesawat. selanjutnya, crew dan pilot pesawat ditahan untuk diminta keterangan. Setelah itu pesawat yang ditinggalkan diperiksa dan dijaga untuk antisipasi barang berbahaya yang dibawa di dalam pesawat.

 

Latihan Garuda Perkasa 2009 di Tutup oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Ida Bagus Anom M., S.E.  disaksikan seluruh pejabat Lanud Abd Saleh. Dalam sambutannya dikatakan, latihan Garuda Perkasa walaupun sering dilakukan tetapi dalam kualitas dan kemampuannya masih harus terus kita tingkatkan, tujuannya agar Lanud Abd Saleh sebagai Pangkalan operasi senantiasa siap melaksanakan operasi setiap saat diperlukan demi menjaga NKRI.A



« Kembali ke halaman sebelumnya